Belajar lalu Memahami

ad

Pentingnya Savasana Dalam Yoga



Mengapa Savasana Menjadi Penting Dalam Yoga?




 Banyak orang yang tidak bisa sabar mengikuti proses savasana, oleh karena mereka perlu berdiam diri dalam waktu cukup lama. Mereka yang tidak sabar sering meninggalkan pose tersebut, padahal eksistensi savasana hadir bukan tanpa tujuan. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari pose final tersebut.
posisi savasana


Di dalam sesi latihan yoga, ada beberapa alasan yang mampu menjawab kenapa savasana menjadi penting untuk dilakukan:
  • Savasana merupakan elemen paling penting dibandingkan pose lainnya yang berbasis pada gerakan fisik (asanas). Pada umumnya asana didesain untuk membantu tubuh mempersiapkan meditasi dan keheningan pikiran (dan juga tubuh itu sendiri). Karenanya savasana menjadi penting sebagai pose relaksasi final yang disegerakan di akhir kelas. Ini merupakan cara meditasi untuk mengumpulkan energi dan belajar mengenai bagaimana membiarkan tubuh dan pikiran dalam kondisi rileks. Jadi, pose final tersebut penting untuk menenangkan pikiran.
  • Tidak mudah berada dalam kondisi diam selama beberapa waktu. Ini berarti seseorang dituntut untuk menenangkan pikiran (bukan cuma tubuh). Banyak orang berpikir satu hal: tidak banyak manfaat yang bisa diberikan dengan berdiam diri. Meski demikian, pikiran yang rileks dan tenang berarti ada banyak keuntungan menunggu di masa depan.
  • Salah satu keuntungan dari melakukan posisi savasana adalah: kemampuan untuk tidur dengan cara yang lebih baik; lebih nyenyak. Pikiran orang yang sulit tidur biasanya penuh dengan kerumitan, alias ia tidak bisa membuat rileks pikiran. Di titik ini, posisi savasana bakal membantu banyak terutama dalam hal membuat rileks pikiran.

Dengan tiga alasan di atas, kita sudah tahu pentingnya melakukan posisi savasana di akhir sesi latihan. Dalam kelas yoga, mempelajari sesuatu serta melakukan observasi adalah dua hal penting di dalam setiap sesi latihan. Setiap orang harus mempelajari apapun tantangan yang muncul dalam setiap sesi, dan bagaimana mereka bisa belajar dari tantangan tersebut.

Di titik ini, posisi savasana menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi orang-orang yang tidak terbiasa berada dalam posisi tersebut. Lebih jauh lagi, mempelajari savasana menjadi penting sebab tubuh akan belajar untuk mengendurkan sejumlah otot serta pikiran akan belajar untuk mengendurkan syaraf. Seorang pekerja keras harus mengambil kesempatan untuk mengendurkan ototnya dan kemudian mengambil waktu santai guna menenangkan pikiran

3 cara membuat posisi yoga Savasana lebih menarik:

 

1. Mempelajari dan praktek Yoga Nidra

Untuk membuat  latihan yoga savasana lebih menarik maka Anda bisa belajar yoga nidra. Yoga ini adalah teknik yang memandu  Anda melalui berbagai bagian tubuh dan bekerja dengan meningkatkan kesadaran akan sensasi dalam jaringan otot, ikat dan saraf dengan bernapas ke dalamnya untuk mengirim sinyal relaksasi. Jika  yoga nidra dilakukan dengan benar,  Anda dapat merasakan aliran energi  yang naik dan turun melalui chakra.

2. Menggunakan musik atau tanpa musik

Pada dasarnya yoga dilakukan tanpa musik namun  meditasi yang jauh lebih sulit dilakukan. Namun saat ini pengajar yoga  mulai melihat penambahan musik dengan  aliran dan irama untuk kelas yoga. Anda bisa bereksperimen dan menemukan trek yang membawa Anda ke dimensi lain. Jika Anda tinggal di kota yang tenang atau jauh di dalam hutan, lokasi tersebut memungkinkan untuk saat-saat hening sehingga Anda bisa melakukan latihan yoga savasana dengan mudah dan menarik.

3. Visualisasi

Imajinasi  adalah hal yang sangat penting bagi  Anda dan   imajinasi  bisa digunakan untuk visualisasi agar diri menjadi lebih damai, tenang dan rileks. Ada tiga jenis visualiasai yang bisa Anda lakukan diantaranya adalah:

  • The Big Blue Sky

Visualisasi ini membawa kesadaran Anda untuk warna biru, seolah-olah Anda berbaring di bumi menatap langit. Rasakan kehangatan matahari pada tubuh Anda dan mulai menghirup udara segar . Setiap pikiran yang melewati pikiran Anda, memberikan bentuk besar, awan berbulu. Jika pikiran lebih negatif, membuat awan lebih badai dan abu-abu.

  • The Ocean

Melakukan visualisasi ini adalah dengan membayangkan Anda sedang duduk di pantai terpencil di depan menerjang ombak. Bayangkan bahwa setiap gelombang adalah pikiran atau perasaan. Biarkan gelombang perlahan-lahan naik dan turun  dan larut dalam pasir.

  • The Theater dan Roh Cahaya

Bayangkan bahwa pikiran adalah panggung, dan kesadaran Anda audisi pikiran untuk melihat seberapa baik mereka lakukan.  Ada yang lucu, dramatis, dan puitis kemudian sesekali  Anda membacanya.

  • Aroma terapi

Agar posisi latihan yoga Anda semakin nyaman maka  gunakan aromaterapi. Aromaterapi  merupakan cara yang efektif untuk menenangkan pikiran dan tubuh  Anda agar lebih santai. Beberapa minyak esensial favorit untuk Savasana adalah lavender,  mawar, melati, melissa dan geranium.

Tidak ada komentar

Penggunaan Bija yang Benar

Penggunaan Bija yang Benar Apa Makna Sebenarnya tentang Bija. Wija atau bija adalah lambang Kumara, yaitu putra atau wija Bhatara Siw...